Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia Dalam Gotong Royong

Posted on Updated on

Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia”

Gotong Royong

Ketika manusia dihadapkan pada masalah jiwa serta akal dan tindakan akan mengikuti, selebihnya menjadi ahir dari sebuah jawaban. Leluhur mengajarkan kita bahwa hidup itu tidak lepas dari orang lain. Bayang-bayang nenek moyang akan hal bekerja sama dalam bekerja tercermin dalam mereka mengarungi lautan lepas untuk menghasilkan tangkapan ikan yang akan dibawa pulang nanti selepas sandar jangkar. Bahaya menghadang, lautan tak kenal sahabat, angin menerjang setiap yang akan datang. Tak ada rintangan untuk menghalau selain untuk melawannya. Sesulit apapun itu nenek moyang mengajarkan untuk saling membantu dalam menghadapi keadaan yang sulit.

Mahakarya Indonesia itulah yang disebut gotong royong. Gotong dalam membawa beban, saling membantu dan bekerja sama menyelesaikan pekerjaan. Ibu pertiwi hadir dengan sejuta manfaat yang mengandung intisari untuk anak cucunya agar mereka tau apa itu hasil bumi yang kaya raya, selain jiwa indonesia yang terkenal membumi, ramah dan arif menjadikan kita menjadi madani yang lebih baik.

Indonesia diluar negeri terkenal dengan ramah tamah, berbudi pekerti serta kulinernya. Julukan lain datang dengan nama dan arti tak kalah indah ia bernama gotong royong. Hidup berdampingan satu sama lain mengajarkan banyak hal. Ibu dengan kelembutan hatinya sebagai guru dalam keluarga memberikan tauladan yang baik mengajarkan akan menghormati dan peduli kepada orang lain yang membutuhkan. Jiwa indonesia tidak lepas dari rasa empati dan simpati, melihat orang tidak berdaya membawanya pada naluri untuk peduli. Mengulurkan tangan lalu disambutnya dengan ketekadan untuk menerima dan memapahnya hingga bisa berdiri lagi. Ayah dengan tangannya yang kuat memberikan contoh pada anaknya bahwa laki-laki itu harus bisa memikul beban untuk keluarganya. Harus bisa membawa keluarganya makmur lahir dan batin. Kekuatan alam memberikan cukup untuk jiwa indonesia yang membutuhkan.

Bahwa nilai-nilai luhur gotong royong sebagai suatu mahakarya indonesia telah bergeser dari nilai yang sebenarnya. Gotong royong yang semestinya mempunyai peranan penting dalam jiwa indonesia sebagai warisan nenek moyang yang tak akan punah hilang sekarang menjadi berbeda arti setelah masa modernisasi, terlebih kehidupan sosial kita berada di perkotaan.

Gotong royong seharusnya memiliki arti bersama-sama saling membantu tanpa pamrih demi mencapai tujuan bersama. Sekarang nilai gotong royong dinilai dengan upah, setiap kali kebutuhan akan bantuan orang lain nilai rupiah akan mengikuti. Nilai sosialnya menjadi arti yang lain.

Diperkotaan nilai gotong-royong ini sangat berbeda dengan gotong-royong di pedesaan, karena di perkotaan segala sesuatu sudah banyak dipengaruhi oleh materi dan sistem upah, sehingga akan diperhitungkan untung ruginya dalam melakukan gotong-royong, sedangkan di pedesaan gotong-royong belum banyak dipengaruhi oleh materi dan sistem upah sehingga kegiatan gotong-royong diperlakukan sebagai suatu solidaritas antar sesama dalam satu kesatuan wilayah atau kekerabatan.

Kita sebagai anak cucu wajib melestarikan warisan leluhur nenek moyang sebagai sebuah mahakarya indonesia. Bukan hanya sebatas memperhatikan, akan tetapi melestarikan yang telah ada sejak dulu sesuai dengan makna dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Masa nenek moyang dengan era sekarang sangat jauh berbeda. Tumpang tindih kepentingan dan hak yang selalu maju berbarengan memberikan kesulitan kepada kita untuk melaksanakannya. Cinta selalu berada di tengah-tengahnya menyisipkan rindu yang terwakili oleh syarat makna.

Mahakarya indonesia sangat indah, nilai nilai luhur gotong royong memberikan pelajaran bahwa hidup itu berdampingan, sosial tolong menolong. Keluarga menjadi dasar pelajaran gotong royong dalam lingkup kecil. Mendasari diri kita agar lebih mengerti dan peka terhadap alam sekitar dan lingkungan.

salah satu kegiatan yang saya pantau ketika sedang melakukan perjalanan menuju rumah kerabat. yang menggambarkan bahwa gotong royong masih menjadi jiwa dan budaya di daerahnya, dan saya yakin karena sempat berbincang dengan mereka.

warga guyub gotong royong meapikan jalan
warga guyub gotong royong meapikan jalan
warga gotong royong membuat selokan air dengan menggunakan bis beton
warga gotong royong membuat selokan air dengan menggunakan bis beton
salah satu kegiatan masyarakat desa kedarpan dalam membuat jalan tani di desanya
salah satu kegiatan masyarakat desa kedarpan, purbalingga dalam membuat jalan tani di desanya
Iklan

2 thoughts on “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia Dalam Gotong Royong

    eri udiyawati said:
    Juni 30, 2015 pukul 7:44 am

    akhirnya punya mu juga selesai

      relaksono responded:
      Juni 30, 2015 pukul 7:47 am

      alhamdulilahh yaa,, DL cm sehari ajahh,, langusng jadi,., 🙂 ,. ayo karyakan karya kita ke kancah penulisan indonesia.
      yeeehaaaayyyyy,.,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s