Trip Surabaya – Bromo

Posted on Updated on

New Picture (1)
Tim Liburan anak-anak geolll, hahaaa,,.

Tahun ini adalah target aku untuk Liburan ke Bali, menikmati indahnya Sanur, Nusa Dua, dan Monumen BOM Bali yang menghangus bumikan jimbaran. Moment sejarah buat Indonesia waktu itu. Menggetarkan Bangsa bahkan Dunia. Ancaman keselamatan dan kenyamanan dalam wisata sangat dibutuhkan, bahkan banyak travell warning bagi sebagian negara untuk datang ke Indonesia yang sedang dilanda krisis kepercayaan karena terkait teror teroris yang meresahkan.
Sedikit ulasan saja. Target melenceng dari rencana. Bulan Febuari 2013 ini ada teman kampus yang mengajak liburan ke Sidoarjo, tepatnya liburan sambil jenguk kakaknya yang sudah lama bekerja di sana. Liburan ini sudah dirancang jauh-jauh hari dari hari keberangkatan, yang kebetulan liburan semester. Alhasil, aku harus nyesuain jadwal yang ada dan meminta izin ke atasan untuk tidak masuk beberapa hari. Dan itu berhasil karena jadwal liburan tidak mendadak.
Skenario memang tidak selalu sesuai dengan apa yang kita mau atau inginkan. Terkadang berbelok dulu agak menjauh hingga kita menemukan lagi ujung dari skenario tadi yang telah dituliskan. Improve di dalamnya menjadikan semuanya berbeda hingga 360’, jauh dari garis keabsahan. Alur yang berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
Ini adalah trip pertama saya ke Surabaya tepatnya Sidoarjo. Perjalanan dimulai dari Purwokerto. Tepatnya Rumah Rasept ( Raseptya Sukaliandantro ) anak UNSOED semester empat yang sedang menimba ilmu Hukum. Berenam kita nginep jadi satu di rumahnya Rasept, takut-takut kita ketinggalan kereta yang ke Surabaya karena alasan klise yakni terlambat datang karena bangun kesiangan atau motor gembos sekaligus jauh dari stasiun. Tidak ada alasan untuk itu.
Ada banyak cerita menghiasi perjalanan kita selama di kereta. Ini trip kereta terjauh yang pernah aku naik. Biasanya hanya purwokerto – jogja, selebihnya tidak. Perjalanan kereta aman-aman sajah, namun sampai stasiun lempuyangan-jogja ada sesuatu yang aneh tiba-tiba aroma gerbong menjadi wangi, datang entah dari mana asalnya. Yang sedari tadi yang kuhirup udara tidak sehat, Pengab dan aroma yang nano-nano.
Maaf, kita naik kereta kelas ekonomi bukan karena apa, karena kita menyesuaikan dengan kantong mahasiswa ajah. Kalau tugas kantor tidak mungkin naik kelas ekonomi. Jadi baru tau mengalami wajah kereta ekonomi seperti di bawah ini :

# Tim Liburan.
Notes : Ini adalah tim liburan, dari kiri punya nama Ali Mukhib, setelah itu Sundari Listiana ( ceritanya mantan gebetan Seful ), yang tengah namanya Rasept ( yg merelakan rumahnya sebagai tempat basecamp nginep waktu mau berangkat #dekat dengan stasiun ), satu langkah ke kanan dia adalah Seful ( si tuan rumah yang punya project liburan ini ). Dan yang terakhir adalah Aku yang sebenarnya. Sebenarnya kita ber-6, yang satunya siMbe ( yang lagi moto #maaf g kelihatan ).

100_2635

Sampai di Stasiun Lempuyangan Yang sedari tadi kita duduk tenang-tenang, tiba-tiba seseorang menyodorkan dengan membuka telapak tangannya untuk meminta sesuatu. Dan kali ini aku baru sadar setelah tau di dalam genggamanya ada kaleng spray pengharum ruangan. “ Ada ada saja yach, ada orang nyemprot kolong kursi dengan pengharum ruangan setelah itu ditarik receh”.
Dan lebih gila lagi ( menurutku ) ada jasa tensi tekanan darah di dalam gerbong kereta. Ditarik hanya IDR 1.000. Orang jasanya pun berseragam jas putih, celana hitam panjang, pakai sepatu kantoran plus stetoskop menggantung di leher. Persis seperti dokter di Rumah Sakit, tapi ini kok malah klayaban di gerbong kereta. Sekarang yang kreatif yang dapat duit. Tapi ini kok lucu, aneh saya melihat pemandangan tadi.

Dari dua kutipan tadi ada sebuah pelajaran berharga yang terkandung di dalamnya. Ada setitik ilmu yang tersanding dalam menjalani hidup. Keras pahitnya dalam berjuang hingga manisnya akan diteguk. Dan itu adalah usaha untuk tidak kere.

“Yang dimaksud dengan kere bukanlah miskin, tapi kere berarti nggak punya uang. Orang miskin belum tentu kere, tapi orang yang ortunya kaya bisa saja kere karena boros”.

~Brilli Agung Zaki Pradika~

Tetapi berusaha, banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara untuk mendapatkan dan mencari uang. Sejauh mana anda berusaha untuk tidak kere, di situlah anda akan mengerti apa arti kehidupan untuk kelangsungan peradaban anak cucu kita.

100_2651
pedagang yang bersliweran di dalam kereta,.,

# ini adalah salah satu wajah gerbong kereta ekonomi purwokerto – gubeng ( Surabaya ).
Ada sederek penjaja kaos yang melenggang menawarkan daganganya. Terlihat anak-anak tertarik dengan kaosnya. Gambar wayang tokohnya arjuna ( si otot kawat balung wesi ). Tau ga pedagangnya mana? Orangnya adalah yang memakai topi koboi ala country ( agak menjauh dari lapaknya ). Kasihan, pedagangnya diturunkan paksa saat keretanya udah jalan, alhasil jatuh tersungkur di atas kerikil bantalan rel kereta. Salahnya dia udah waktunya turun tapi ga mau turun #sedih.

100_2654
anak stasiun yang lucu.

ini adalah sosok anak stasiun, yang tiap hari mainnya di stasiun. Berjalan di tepian rel, bermain kerikil di bantalan rel kereta. Ya itulah dia, mewakili dari sekian banyak teman-temannya. Tapi anak ini super hebat, sewaktu diberi uang olehku dia menggeleng tidak mau. Bahkan menolak halus. Apakah ini benar-benar anak jalanan atau tidak? sikapnya tidak mencerminkan kepribadian urakan. Mungkin dia hanya sedang bermain-main di seputar stasiun selepas dia pulang dari sekolah. Mengisi waktunya untuk bermain dan bercanda dengan teman-temannya. #masa kecil

Sesampainya di Surabaya inilah yang aku dapati.

2013-02-09 16.34.41
ini jembatannyaaaa,., welcome Madura

jembatan suramadu. Jembatan kebanggan yang menghubungkan Pulau Jawa – Madura.

New Picture
beberapa wajah BROMO yang diambil

ini adalah wajah-wajah Gunung Bromo yang mendunia itu. hhhh,., ada Pura tempat para suku tengger memuja dan sembahyang kepada sang pencipta atas segala berkah yang diberikanNYA. Hamparan pasirnya membentuk gunung-gunung kecil dengan reliefnya yang artistik. Terlihat kawah yang menganga mengeluarkan asap belerangnya di. Ada seseorang yang sedang megang botol air mineral tuhh,. hhh… artinya jangan lupa bawa air mineral untuk menghilangkan rasa haus yang menganga, takut dehidrasi.

100_2799
padang teletubies ( savana ).

ini adalah padang savana atau yang sering disebut sama orang-0rang dikenal dengan padang teletubies ( tokoh kartun yang terdiri dari tingkiwingky, depoo, lala, poo ) karena topografinya gunung dan lembah yang rata dengan savana yang menggelar seperti tempat bermainnya teletubies.

100_2772
dilihat dari atas, saat lihat sunrise belakangnya ada gunung semeru kalo g salah,., tempat syuting Pelem 5 cm
pasir berbisiknya Kak Dian sastro. :)
pasir berbisiknya Kak Dian sastro. 🙂
DSC01500
para bintang film , “Pasir Berbisik”,. gkgkkkk,.,
ini hamparan lautan lumpur lapindo, bukan lapangan sepak bola

ini adalah wajah hamparan lautan lumpur lapindo yang telah menenggelamkan ribuan rubah, hingga menyingkirkan ribuan manusia untuk mengungsi menghindari bahaya lumpur yang menimpa mereka. suara-suara mereka tertempel tejas dispanduk yang menempel di dinding tanggul lumpur. “dimanakah rumah kami, kembalikan rumah kami.'” ” kami mau tinggal dimana, anak cucu kita kehilangan keceriaan”. itulah salah satu kutipan yang aku ambil dari pamflet yang aku baca di kain yang tergelar panjang.

P1060552
saatnya time go home, check out yachhh,., liburan udah selesaiii,
thanks Surabaya-Bromo

ini adalah akhir dari perjalanan kita selama di surabaya-bromo. 4 hari dirasa kurang cukup untuk menghilangkan rasa penasarannya akan liburan ini.

#next destination KARIMUNJAWA ISLAND. ( Mimpiku berikutnya ). Amin.

Iklan

2 thoughts on “Trip Surabaya – Bromo

    Aih_Cute said:
    April 29, 2013 pukul 9:11 am

    di bikin Novel aja mas re, ato komik lucu hahahahahahahahaha

      relaksono responded:
      April 29, 2013 pukul 9:17 am

      makasih asih_cute, komentar yang lucu dan pastinya membangun. #membangun istana
      gkgkkk,., 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s